Sabtu, 09 April 2011

Analisis Time Series

Analisis time series atau deret berkala pertama kali diperkenalkan oleh George E. P. Box dan Gwilym M. Jenkins pada tahun 1905 . Time series merupakan sekumpulan data yang dicatat dalam satu periode waktu. Pengamatan yang diamati diperoleh pada interval waktu yang sama, misalnya harian, mingguan, bulanan, tahunan dan sebagainya. Kumpulan pengamatan dari time series dinyatakan sebagai variabel yang dinotasikan sebagai Y. Pengamatan data tersebut diamati dalam waktu t, yaitu t1, t2 …ti. Sehingga variabel pengamatan data pada waktu t dinotasikan dengan Yt.

Metode ini sering digunakan untuk melakukan peramalan. Peramalan atau forecasting adalah suatu kegiatan memperkirakan apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Peramalan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam perencanaan serta pengambilan keputusan. Jika waktu tenggang nol atau sangat kecil, maka perencanaan tidak diperlukan, namun jika waktu tenggang panjang dan hasil peristiwa akhir bergantung pada faktor-faktor yang dapat diketahui, maka perencanaan memegang peranan penting.

Hal pertama yang dilakukan dalam analisis analisis time series adalah membuat grafik time series. Menurut Hanke dan Wichern (2005: 58) terdapat empat tipe umum pola data pada time series, yaitu:
1.Horisontal (data observasi tidak mengalami perubahan dari waktu ke waktu
(konstan))
2.Trend (data observasi cenderung bergerak naik atau turun dalam jangka waktu yang panjang).
3.Musiman (perubahan data observasi tergantung musim, baik bulan, triwulana, kuartalan atau semester)
4.Siklis (ketika fluktuasi naik dan turun dalam periode dan frekuensi yang stabil dalam jangka waktu yang lama).

Tujuan analisis time series yaitu menjelaskan mekanisme tertentu, meramalkan suatu nilai di masa depan dan mengoptimalkan sistem kendal.
Tahap-tahap analisis time series.

1.Identifikasi Model: dilakukan dengan membuat plot time series
2.Taksiran Model: dapat dilakukan dengan metode least squared ata Maksimum
Likelihood (MLE)
3.Diagnostik Model


Ref.
Hanke, J. E & Wichern, D.W. 2005. Business Forecasting. New Jersey: Pearson
Education International.
Makridakis, S., Wheelwright, S.C., & McGee, V.E. 1999. Metode dan Aplikasi Peramalan Jilid 1 Edisi Kedua. Terjemahan Ir. Untung S. Andriyanto dan Ir. Abdul Basith. Jakarta: Erlangga.
Iriawan, N & Astuti, S.P. 2006. Mengolah Data Statistik dengan Mudah Menggunakan Minitab 14. Yogyakarta: ANDI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar